• Post 1
  • Post 2
  • Post 3
  • Post 2

Perkakas Teknisi Elektronik

Sebelum dapat melakukan perbaikan (mereparasi), tentu dibutuhkan peralatan dan bahan-bahan / perkakas / tool yang dapat membantu dalam proses perbaikan tersebut, apa saja yang diperlukan seorang teknisi untuk perbaikan televisi?, disini akan ditunjukkan satu-persatu perkakas yang dibutuhkan, apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya.

Untuk perkakas-perkakas yang umum dalam penggunaannya tentu saja tidak ditunjukkan dengan mendetail bagaimana menggunakannya, seperti misalnya obeng atau tang yang tentu semuanya paham, pembahasan penggunaan lebih mendetail misalnya pada bagaimana cara menggunakan Multimeter untuk mengukur resistor atau transistor, atau bagaimana cara menggunakan osiloskop dll.

Memang tidak semuanya perkakas yang dibahas disini harus dimiliki oleh teknisi, hanya saja jika ingin mudah dan cepat dalam pelacakan kerusakan dan proses perbaikan maka sebagian besar perkakas-perkakas tersebut harus dimiliki, karena bukankah perkakas-perkakas tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan?.
Secara umum, bahwa seorang teknisi hanya membutuhkan - atau wajib memiliki - sekitar 7 perkakas saja untuk dapat membantu dalam perbaikan peralatan elektronik dalam hal ini televisi, perkakas-perkakas tersebut adalah : Obeng Plus, Obeng Minus, Solder, Attraktor (Sedotan timah), Timah, Tang Potong dan Multimeter. Selain ketujuh perkakas tersebut bukan merupakan perkakas utama.

Secara lengkap perkakas yang dapat membantu dalam perbaikan televisi adalah :
Solder /  Desolder
Solder, Timah Solder, Attraktor, Solder Stand, Pasta Solder, Solder Wick
Obeng
Obeng Plus (kembang), Obeng Minus, Obeng Trim, Obeng Mini
Tang
Tang Potong, Tang Cucut, Tang genggam
Alat ukur
Multimeter, Avo meter, Osiloskop, Capasitansi meter, Frekwensi Counter
Hardware
Eeprom Copier, Eeprom programer
Lain-lain
Pinset, Kuas, Cairan pembersih, Kontak Cleaner, Alkohol, Thinner Hi Gloss, Spray, Bor, Cutter, Glue Gun, Degausing coil, Kaca Cermin, Kaca pembesar, Lampu Senter, Injektor Sinyal, Pelacak Sinyal, Pattern Generator, Rejuvinator, Sweep Generator, Generator Marker, IR detector

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

oke sip gan. makasih sudah mau share
https://www.tokopedia.com/codyonline/tang-buka-lcd

Posting Komentar